Anggota DPRD Sumut Kecewa Pada PT Aquafarm

168
Foto-Kunker Komisi B DPRD Sumut
Foto-Kunker Komisi B DPRD Sumut

MEDAN-Wartapoldasu.com – Manager Legal PT Aguafarm Nusantara (AN), Marsel Tristan didampingi Senior Manager Comunity, Dian Oktavia menyebut, perusahaan milik asing itu tidak memiliki izin pemanfaatan permukaan air danau (APU) dan izin pembuangan limbah Bahan-bahan Beracun (B3).

Hal tersebut terungkap setelah salah satu anggota DPRD Sumut, Richard Sidabutar menanyakan surat ijin APU, data tentang jumlah produksi Ikan, surat ijin limbah B3 dan pemakaian pakan ikan (pelet) untuk membesarkan ikan kepada kedua pimpinan perusahaan tersebut saat melakukan kunjungan kerja ke Tobasa bersama sejumlah anggota DPRD lainnya.

Selain PT AN, legislator Sumut ini juga bertanya kepada pihak PT Suri Tani Pemuka (Japfa) yang sama-sama beroperasi di perairan Danau Toba.

Marsel mengakui surat izin APU KJA PT AN hingga saat ini belum dapat diperpanjang karena masih terkendala dengan masalah penentuan zonasi dan izin limbah B3 masih tahap pengajuan. Pengajuan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) limbah B3 pernah ditolak dan selama ini limbah PT AN dimanfaatkan masyarakat sekitar serta surat izin masih tahap pengajuan.

Terkait jumlah produksi ikan dan jumlah pemakaian pakan ikan di KJA PT AN, Marsel berjanji akan mengumpulkan data ril dari lapangan dan akan segera disampaikan ke DPRD Provinsi sumut walaupun tidak memiliki izin APU, PT AN selalu membayar pajak izin APU KJA.

Sementara itu, PT Suri Tani Pemuka melalui Goverment Relation Manager Andhi Trapsilou menyampaikan pihaknya tetap melaksanakan dan patuh terhadap peraturan yang ditetapkan pemerintah dan memiliki surat-surat izin yang lengkap.

Terpisah, sejumlah anggota DPRD Provinsi sumut merasa kecewa terhadap pihak PT AN karena dinilai tidak transparan dan tidak mampu membuktikan ataupun menujukkan data-data dan beberapa surat izin yang diminta dan namun tetap beroperasi memproduksi ikan dari Danau Toba.

Kunjungan kerja itu dipimpin Ketua Komisi B DPRD Provinsi sumut H Robby Anangga SE, Wakil Ir H Iskandar Sinaga dan H Ajie Karim, Richard Sidabutar, Lidiane Lase, Dra Hj Herlina Gusti, Hj Zuraidah Ghina, Zulkifli, Sampang Malem, Jantoguh Damanik, Ir Iskandar Sinaga, Wasner Sianturi, Indra Alamsyah, Inge Amelia Nasution, Robi Agusman Harahap, Toni Togatorop, Muhammad Hafez dan Syarif Rawi beserta rombongan. Ardiansyah nasution

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here