Baharkam Polri Lepas Ribuan Ekor Lobser di Perairan Lepas

68
Foto-Ist

JAKARTA-Wartapoldasu.com-Sub Direktorat Penegakan Hukum (Subdit Gakkum) Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Polri melepaskan sedikitnya 78.000 ekor Lobster yang disita dari para penyelundup, beberapa waktu lalu.

Pelepasan itu dilakukan di perairan lepas Pantai Kukup, Gunung Kidul, Yogyakarta untuk menjaga populasi dan pelestarian Lobster Indonesia sesuai dengan instruksi dan arahan dari Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti. Disisi lain, Kepolisian juga akan berkoordinasi dengan Balai Karantina ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mengamankan benih Lobster yang akan diselundupkan ke Singapura dan Vietnam.

Sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) RI, Nomor: 56/PERMEN-KP/2016 tentang larangan penangkapan dan atau pengeluaran Lobster (Panulirus spp) dan Rajungan (Portunus spp) dari wilayah Republik Indonesia. Bahwa, penangkapan dan pengeluaran Lobster hanya dapat dilakukan dengan ketentuan tertentu. Dalam hal ini, kondisi Lobster tidak pada saat bertelur. Kemudian, ukuran lobster tidak lebih panjang dari karapas 8 cm dengan berat maksimal 200 gram per ekornya.

Aturan ini diberlakukan untuk menjaga keberlangsungan Lobster Indonesia, sekaligus menjaga Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Laut (PSPL).Ardiansyah Nasution

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here