Pelabuhan Sibolga Resmi Dibuka Untuk Umum

202
Foto-Pengguntingan Pita/Abu
Foto-Pengguntingan Pita/Abu

SIBOLGA – wartapoldasu.com-Terminal penumpang Pelabuhan Sibolga resmi dibuka untuk umum dengan rute Sibolga-Nias.

Sebab, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), telah meresmikan pelabuhan tersebut pada, 17 Maret 2019 lalu. Namun, untuk umum baru dioperasikan terhitung sejak, Senin (2/9), pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Untuk itu, pemerintah menyediakan kapal penyeberangan di Pelabuhan Sibolga yang melayani penumpang tujuan Sibolga-Nias (PP) di antaranya, KM Wira Glory, KM Wira Victory, KM Wira Prime, dan KM Wira Ono Niha.

Ketua Pelindo Sibolga, Suhari menjelaskan pihaknya sudah membuat aturan dan pengamanan agar penumpang merasa aman.“Kita berharap, masyarakat dapat mengikuti aturan yang sudah ditetapkan, semua ini demi kenyamanan bersama,”ujar Suhari di acara peresmian operasional terminal penumpang.

Proses, sambung dia, para penumpang diminta untuk membeli kartu (pass) pada petugas yang berada di puntu masuk pelabuhan. “Calon penumpang atau pengguna jasa pelabuhan terlebih dulu membeli pass agar bisa masuk. Untuk barang bawaan, penumpang hanya diperbolehkan membawa barang maksimal 45 Kilo gram (Kg) bila barang bawaannya lebih dari 45 kg, akan dikenakan tarif tersendiri,”ujarnya.

Suhari menambahkan, untuk kenyamanan penumpang dan pelayanan, masyarakat yang mengantar penumpang tak boleh masuk ke dalam terminal, hanya sampai di pintu. Hewan juga tidak bisa masuk ke dalam terminal.

Dimulainya operasional terminal penumpang ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP), Agustia Waruwu, dan pelayanan perdana terhadap sejumlah penumpang yang akan berangkat ke Nias. (Abu)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here